Life

11 Maret 2023

Thumbnails of websites from the Astro Showcase site.

3 min read

7 Cara untuk menghemat waktu sehari-hari

Tulisan ini adalah hasil dari saya merefleksikan 7 cara yang digunakan Ali Abdaal di dalam youtube videonya untuk menghemat 3 jam waktunya dalam sehari. Terkadang kita tidak merasakan bahwa ada banyak efektif cara yang bisa digunakan untuk menghemat waktu dalam kegiatan sehari-hari. Terkadang kita tidak sadar bahwa waktu yang kita gunakan bisa lebih dihemat sedikit demi sedikit dengan 7 cara ini.

1. Menangkap ide yang ada di pikiran

Cara ini bermanfaat ketika sedang fokus mengerjakan sesuatu kemudian datang diatraksi berupa ide pikiran untuk melakukan sesuatu hal di luar perkerjaan yang sedang kita kerjakan. Hal ini akan membuat pikiran terganggu dan bahkan kita bisa saja melakukan hal baru tersebut dan meninggalkan perkerjaan yang sedang fokus dikerjakan. Untuk mengatasi hal ini adalah dengan menuliskan di kertas atau catatan pada device seperti hp atau laptop yang tujuan untuk mengingat ide yang ada saat kita sedang fokus bekerja. Menangkap ide pada pikiran dan menuliskannya di kertas dapat menghemat waktu kita untuk berusaha mengingat kembali apa yang ingin kita kerjakan selanjutnya.

2. Membuat sebuah perjalanan

Salah satu cara terbaik untuk mengerjakan sesuatu dengan mengurangi distraksi adalah membuat kegiatan sehari-sehari sebagai suatu perjalanan atau adventure. Kita merasakan setiap tugas atau kegiatan yang ingin kita lakukan berada pada satu alur cerita yang memberikan kita keinginan untuk menyelesaikannya. Salah satu cara efektif adalah dengan mengunakan tempat sebagai media fokus, contohnya gunakan cafe untuk mengerjakan tugas perkuliahan, mengerjakan tugas coding di kamar, dan begitu selanjutnya.

3. Kalender warna-warni

Merencanakan kegiatan dalam sehari dapat membuat kita fokus untuk mengerjakan sesuatu lebih terstruktur. Mewarnai kalender dengan kegiatan-kegiatan yang tersusun rapi akan mengurangi waktu terbuang sia-sia melakukan sesuatu yang tidak penting. Seperti misalnya scroll ig atau twitter.

4. Aturan 5 menit

Cara ini efektif untuk mentrigger diri kita agar tidak menunda-bunda pekerjaan. Hal ini bisa dilakukan dengan memanipulasi pikiran bahwa kita bisa memulai sesuatu dalam waktu 5 menit. Jika kita merasa kelelahan atau bosan, kita bisa berhenti untuk mengerjakan hal tersebut. Tujuan dari hal ini sejalan dengan kebiasaan menunda yang disebabkan karena kita sulit untuk memulai suatu kegiatan.

5. Mode fokus pada device

Mengurangi distraksi adalah salah satu cara yang dibahas dalam buku get things done. Salah satu buku produktif terbaik. Menerapkan mode fokus pada hp atau laptop yang kita gunakan sehari dapat mengurangi waktu yang terbuang sia-sia. Mode fokus ini bisa diterapkan misalnya untuk WhatsApp atau telpon hanya menerima dari orang-orang tertentu yang dirasa penting.

6. Jam alarm

Alarm konvensional dapat mengurangi distraksi dari hp yang sering terjadi ketika kita ingin tidur maupun ketika bangun. Terkadang ketika sebelum kita tidur kita berniat untuk mengatur alarm dan berakhir dengan scroll ig berjam-jam. Begitupun ketika kita bangun dan alarm yang digunakan adalah alarm hp. Hal tersebut akan membuang waktu bangun kita dengan distraksi untuk scroll iG sejenak. Alarm konvensional dapt mengurangi waktu yang sia-sia disebabkan oleh alarm yang ada pada hp.

7. Tidak menonton TV

Menonton TV adalah distraksi yang banyak membuang waktu kita sehari-hari. Kegiatan menonton TV tidak berdampak banyak pada perkembangan diri maupun hidup kita. Mengurangi atau bahkan berhenti menonton TV dapat membuat waktu kita lebih berguna dan bermanfaat.


Nah,itu dia 7 cara yang ali Abdaal jabarkan dalam videonya. Semoga bermanfaat untuk teman-teman yang suka membaca. See you…

Other Blog