Coding

11 Maret 2023

Thumbnails of websites from the Astro Showcase site.

3 min read

Pengenalan Competitive Programing

Competitive programing menjadi satu ajang kompetisi di bidang programing yang masih belum banyak dikenal. Kompetisi ini dikenalkan pada jenjang sekolah menengah sebagai Olimpiade Informatika. Inti dari ajang Competitive Programing (CP) adalah untuk mengasah skill problem solving yang dikombinasikan dengan logika yang baik.

Competitive programing bisa menjadi jalan untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan besar seperti Google, Meta, Microsoft, Apple. Hal ini dikarenakan para kontestan di kompetisi CP sering dilirik karena memiliki kemampuan problem solving yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Selain itu, karena banyak sekali peserta yang mengikuti CP ini, maka tidak harus juara untuk bisa bekerja di perusahaan besar. Karena pada dasarnya kemampuan problem solving yang didapatkan bisa menjadi modal dalam wawancara kerja seorang programer.

Apa itu competitive programing?

Mendengar kata competitive yang dihubungkan dengan kata programing mungkin akan membuat kalian berpikir bahwa kompetisi ini pasti sangat sulit. Namun, kalian harus mencobanya terlebih dahulu sebelum mengatakan hal tersebut. Kompetisi ini adalah kompetisi yang bisa memberikan candu. Kenapa tidak, kita dituntun untuk menyelesaikan problem yang menantang di setiap soalnya. Competitive programing adalah kompetisi yang bertujuan untuk menyelasikan suatu permasalahan dalam bentuk soal dengan penyelesaian berupa hasil codingan yang efektif dalam batas waktu tertentu. Soal dalam CP biasanya berupa soal yang menalar logika dan terdapat contoh inputan dan keluaran yang tersedia didalam soal.

Bagaimana cara jadi master?

Disclaimer: sampai blog ini dibuat saya belum memiliki pencapaian dibidang CP.

Nah, untuk menjadi master dibidang CP membutuhkan step-step yang bergantung dengan jumlah waktu yang kita luangkan. Namun, hal pertama yang tentunya diperlukan adalah mengerti apa itu programing. Setelah itu memilih bahasa pemrograman. Bahasa yang sering kali digunakan dalam kebanyakan kompetisi dan pemenang CP adalah bahasa C++. Bahasa ini memiliki library data struktur yang memudahkan kontestan. Setelah menguasai bahasa pemrograman, maka langkah selanjutnya adalah mengerti Algoritma dan Struktur Data. Setelah itu, l pelajari teknik-teknik dalam penyelesaian soal di bidang CP, seperti brute force, greedy, dll. Terakhir, tips yang paling harus dilakukan adalah mengikuti banyak kompetisi CP.

Apakah perlu kemampuan matematika?

Matematika menjadi alat yang bisa digunakan untuk menyelesaikan persoalan di CP. Kemampuan bermatematika dan menyatukan logika yang tepat akan menghasilkan penyelesaian problem yang efektif.


Mungkin itu saja untuk diawal. Next artikel akan membahas lebih jauh mengenai CP ini. Thanks…

Other Blog